2013-01-07

Alami Overbook, Sejumlah Penumpang Mandala di Medan Gagal Berangkat

Mandala A320

(8/1/2013) Sejumlah penumpang maskapai penerbangan Mandala Airlines di Bandara Polonia Medan melakukan protes kepada PT JAS sebagai ground handling Mandala setelah mereka gagal berangkat ke Jakarta karena pesawat penuh.

Para penumpang ini telah melakukan reservasi tiket, namun setelah berada di bandara tidak ada lagi kursi pesawat yang tersedia untuk menerbangkan mereka. Seharusnya mereka berangkat dari Medan ke Jakarta pukul 12.30 WIB tadi, namun karena tiket overbook mereka gagal berangkat.

OIC Bandara Polonia Medan, Jamal, mengatakan bahwa sejak beberapa hari yang lalu hingga saat ini sudah ada 40 orang penumpang Mandala yang melaporkan gagal berangkat karena overbook.

Masih menurut Jamal, sudah seharusnya Mandala menambah frekuensi penerbangan dari Medan ke Jakarta karena permintaan yang tinggi. Apalagi di Medan tidak ada kantor Mandala. Satu-satunya jalan untuk menghadapi masalah ini adalah dengan menambah penerbangan karena maskapai lain juga penuh.

Menanggapi masalah ini, PT JAS sebagai ground handling akan berkordinasi dengan Mandala untuk membayar kompensasi kepada penumpang. Kemarin PT JAS mengalihkan delapan penumpang Mandala ke maskapai Garuda Indonesia. Hari ini penumpang yang gagal berangkat akan diangkut dengan penerbangan malam pukul 19.00. Selain itu, penumpang akan diberi biaya makan ditambah kompensasi sebesar 600.000 per penumpang.