2013-04-03

Citilink Manfaatkan Bandara Pondok Cabe untuk Perawatan Pesawat

Citilink Airbus A320

(4/4/2013) PT Citilink Indonesia yang merupakan anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), menjalin kerjasama dengan anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pelita Air Service untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kedua perusahaan.

Adapun kerjasama tersebut meliputi kerjasama dalam penggunaan bandara Pelita Air di Pondok Cabe sebagai base operasi dan base perawatan pesawat-pesawat Citilink.

“Kami yakin dengan kerjasama ini memaksimallkan kinerja operasional armada Citilink untuk beroperasi lebih baik dalam melayani penumpang di tengah tingginya pertumbuhan akan kebutuhan transportasi udara. Kerjasama ini juga membuktikan bahwa selain terus menambah rute penerbangan, Citilink juga selalu mengedepankan keamanan dan performa maksimal seluruh armada Citilink,” ujar Chief Executive Officer Citilink Arif Wibowo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (2/4).

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua maskapai tersebut. Adanya kerjasama tersebut, merupakan langkah strategis bagi Citilink sebagai maskapai berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) dengan Pelita Air yang bergerak dibidang angkutan udara charter yang juga mengelola Bandara/Lapangan Terbang Pondok Cabe, Tangerang.

Sementara itu, Direktur Utama Pelita Air Andjar Wibawanun menyatakan, adanya pemanfaatan lapangan terbang Pondok Cabe merupakan upaya optimalisasi aset perusahaan yang pada gilirannya akan memberikan manfaat bersama baik bagi Pelita Air maupun Citilink. "Serta merupakan solusi bagi industri penerbangan khususnya atas kepadatan lalulintas udara di Bandara Soekarno Hatta,” kata Andjar.

Citilink, saat ini melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota yang berbasis di Jakarta dan Surabaya. Pada Januari 2013, Citilink melayani 114 frekuensi harian dari Jakarta dan Surabaya ke Batam, Banjarmasin, Bandung, Denpasar, Balikpapan, Solo, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Ujung Pandang, Pekanbaru Padang, dan Lombok.

Pelita Air merupakan penerbangan yang melayani operasi penerbangan dalam industri Minyak dan Gas Bumi (migas) di Indonesia dengan pola charter. Anak usaha Pertamina tersebut, memiliki beberapa kantor perwakilan di Distrik Jakarta, Distrik Dumai, Distrik Balikpapan dan Station Sorong.

Pelita Air juga memiliki anak perusahaan yaitu PT Indopelita Aircraft Services (PT. IAS) yang bergerak di bidang inspeksi, maintenance penggantian komponen sampai dengan overhaul pesawat. "Dalam menjalankan bisnisnya PT. IAS menggunakan fasilitas Hanggar-2 di lapangan terbang Pondok Cabe. Selain itu Pelita Air juga memiliki dua SBU (Strategic Busines Unit) yaitu, Pelita Training Center (PTC) yang bergerak dalam bidang usaha training baik yang berkaitan dengan penerbangan maupun training umum dan Pelita Avionic Facilities (PAF) yang bergerak dalam bidang usaha perawatan & perbaikan perangkat avionic untuk pesawat," kata Andjar. (Beritasatu.com)