2013-01-18

Citilink Berminat Layani Dua Rute Baru dari Solo

Citilink 737-300

(19/1/2013) Setelah berencana meluncurkan rute Solo-Balikpapan yang mulai dilayani 23 Januari nanti, Citilink juga berminat membuka dua rute baru lagi dari Bandara Adi Sumarmo. Namun hingga kini Citlink masih belum menentukan rute mana yang akan dibuka karena masih dalam pembahasan. Menurut Direktur Utama Citilink Airf Prabowo, tahun ini pihaknya akan membuka 31 rute dari 15 kota di Indonesia.

General Manager PT Angkasa Pura I cabang Bandara Adi Sumarmo, Abdullah Usman, telah menawarkan kepada Citilink untuk membuka rute tujuan Denpasar dan Makassar. Namun sepertinya Citilink lebih tertarik untuk membuka rute Solo-Surabaya dan Solo-Bandung.

Menurut Arif Prabowo, sebelum membuka rute lain dari Solo, maskapainya akan mengevaluasi terlebih dahulu kinerja rute Solo-Balikpapan yang akan dibuka beberapa hari mendatang. Citilink menargetkan keterisian penumpang (load factor) sebesar 70 persen pada rute ini.

Pada waktu yang bersamaan Citilink juga membuka rute Yogyakarta-Balikpapan. Menurut Arif Prabowo, kedua rute ini tidak akan saling bersinggungan karena rute Yogyakarta-Balikpapan sudah terbentuk, sedangkan rute Solo-Balikpapan untuk mengakomodir penumpang dari Jawa Timur seperti Ngawi, Madiun, Nganjuk, Magetan, dan sekitarnya.

Saat ini Citilink mengoperasikan 19 pesawat yang terdiri dari 14 Airbus A320 dan lima Boeing 737-300/400. Mulai September tahun ini Citilink akan kedatangan pesawat propeller ATR 72-600 yang dipesan akhir tahun lalu. Rencananya pesawat jenis ini yang akan digunakan untuk melayani rute-rute jarak dekat seperti Solo-Surabaya dan Solo-Bandung.