2013-02-15

200 Pilot Batavia Air Bernasib Tidak Jelas

Batavia Air 737-300

(15/2/2013) Presiden Federasi Pilot Indonesia Hasfrinsyah menyatakan bahwa ada sekitar 200 pilot maskapai penerbangan Batavia Air yang masih belum jelas nasibnya. Kebanyakan dari mereka saat ini masih menganggur.

Menurut Harfiansyah, pilot-pilot ini harus proaktif dalam mengadukan status hubungan kerja mereka kepada Kementerian Perhubungan dan Federasi Pilot Indonesia. Kejelasan status kerja ini dinilai penting karena saat ini manajemen Batavia Air sudah lepas tangan, sementara kurator tidak mengurusi para pilot.

Pilot harus mengurus surat keterangan kerja atau status sudah tidak bekerja di perusahaan lama. Karena manajemen Batavia tidak bisa memberikan keterangan tersebut, maka Kementerian Perhubungan dan Federasi Pilot Indonesia yang akan membantu.

Meskipun demikian, ada juga pilot eks Batavia Air yang telah bekerja untuk maskapai lain seperti Citilink dan Mandala Airlines. Sampai saat ini, Indonesia AirAsia dan Citilink adalah dua maskapai yang tertarik untuk mempekerjakan pilot Batavia Air yang belum jelas nasibnya ini.