2013-02-27

Mandala Mulai Terbangi Pekanbaru-Yogyakarta, ASITA Boikot Penjualan Tiket

Mandala Airlines A320

(28/2/2013) Mulai hari ini maskapai penerbangan Mandala Airlines melayani rute baru dari Pekanbaru ke Yogyakarta. Mandala membuka rute ini dengan frekuensi sebanyak satu kali setiap hari menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

Rute penerbangan Pekanbaru-Yogyakarta diterbangi oleh Mandala dengan nomor penerbangan RI-172, diberangkatkan dari Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru pukul 07.55 WIB dan tiba di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta pukul 10.05 WIB.

Sementara itu, untuk penerbangan pulang menggunakan nomor penerbangan RI-173, diberangkatkan dari Yogyakarta pukul 10.45 WIB dan tiba kembali di Pekanbaru pukul 12.55 WIB.

Penerbangan ini merupakan penerbangan Mandala yang pertama ke Yogyakarta setelah sempat berhenti beroperasi pada awal 2011 dan mulai terbang kembali pada Mei 2012.

Meskipun begitu, pembukaan rute Mandala tujuan Yogyakarta ini juga diwarnai kabar yang kurang baik. Asosiasi Perusahaan Tour dan Travel Agen (ASITA) cabang DIY memboikot penerbangan Mandala Airlines. ASITA DIY mengatakan tidak akan menjual tiket Mandala karena tidak pernah ada kejelasan dari manajemen terkait permasalahan tutup operasinya maskapai pada 2011.

Menurut ASITA, aksi boikot terhadap penjualan tiket Mandala terjadi karena Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) di 2011 masih menyisakan masalah. Total dana milik travel agen DIY di Mandala mencapai Rp 960 juta. Dana ini terdiri dari uang deposit sebesar Rp 261 juta, uang refund tiket Rp 690 juta, dan uang insentif yang seharusnya diberikan kepada travel agen juga belum terbayarkan.

Sebenarnya ASITA menyambut baik penerbangan Mandala ke Yogyakarta. Namun, ASITA meminta tanggung jawab Mandala terhadap travel agen dan masyarakat dengan cara menyelesaikan tunggakan terlebih dahulu sebelum melakukan kerjasama lagi.