2013-03-03

April, Indonesia AirAsia Hubungkan Makassar dengan Ambon

Indonesia AirAsia A320

(4/3/2013) Setelah sukses mengoperasikan hub terbarunya, Makassar, dengan membuka sejumlah rute baru, PT Indonesia AirAsia kembali akan membuka rute domestik baru dari Bandara Sultan Hasanuddin.

Mulai April 2013, maskapai yang berafiliasi dengan AirAsia Berhad ini akan melayani rute penerbangan Makassar-Ambon setiap hari. Ini merupakan komitmen Indonesia AirAsia yang akan berekspansi ke sejumlah rute di Indonesia Timur.

Menurut Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon Halendra Woworuntu, saat ini Indonesia AirAsia sedang mengurus perizinan untuk bisa menerbangi Makassar-Ambon. Halendra berharap jadwal yang telah direncanakan tidak berubah, sehingga Indonesia AirAsia bisa meramaikan Bandara Pattimura.

Halendra mengatakan, setelah Batavia Air dinyatakan pailit pada akhir Januari lalu, aktivitas penerbangan di Bandara Pattimura mengalami keterbatasan. Masuknya Indonesia AirAsia akan menjadi alternatif pengguna transportasi udara di Bandara Pattimura.

Saat ini ada tujuh maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Pattimura, yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Wings Air, Merpati Nusantara, Trigana, dan Nusa Buana Air (NBA).

Indonesia AirAsia sendiri telah melayani lima rute penerbangan dari Makassar, meliputi tujuan Jakarta, Balikpapan, Denpasar, Surabaya, dan Manado.

Selain mengincar rute-rute domestik, Indonesia AirAsia juga berencana membuka sejumlah rute internasional dari Makassar ke Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, dan Singapura.

Untuk bisa berkembang pada rute-rute di Indonesia Timur, perusahaan telah bekerjasama dengan sejumlah travel agent untuk menjual tiket ke berbagai destinasi baik domestik maupun internasional dalam jaringan rute AirAsia Group.