2013-03-28

Indonesia Air Hentikan Sementara Penerbangan Bandung-Balikpapan

Indonesia Air Airbus A320

(28/3/2013) Indonesia Air yang baru membuka rute Bandung-Balikpapan dengan pesawat Airbus A320 akhir Februari lalu dikabarkan akan segera menutup sementara rute ini mulai 1 April 2013.

Penumpang Indonesia Air pada rute Bandung-Balikpapan dan sebaliknya memang sangat minim, bahkan tidak jarang penerbangan terpaksa dibatalkan agar perusahaan tidak semakin merugi.

Jaringan rute yang masih sedikit dan kerjasama dengan biro perjalanan yang belum luas membuat Indonesia Air cukup kesulitan dalam mengisi pesawatnya.

Indonesia Air sepertinya harus mencari alternatif rute lain untuk mengisi kekosongan jadwal penerbangan yang digunakan pada rute ini. Selain itu, perusahaan juga harus banyak bekerjasama dengan biro perjalanan agar penumpang lebih mudah mendapatkan tiket Indonesia Air.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Lion Air juga pernah membuka rute langsung Bandung-Balikpapan. Namun penerbangan ini juga tidak berjalan baik, sehingga Lion Air mengalihkan rutenya menjadi Bandung-Banjarmasin-Balikpapan dan berkembang dengan sangat baik. (Photo: Harayatayuga/Haryadi)