2013-03-08

Indonesia Air Nyatakan Tidak Saingi Indonesia AirAsia di Bandung

Indonesia Air A320 PK-TAA
Photo: Harayatayuga/Haryadi

(8/6/2013) Maskapai penerbangan Indonesia Air mulai melakukan operasinya dengan pesawat Airbus A320 di Bandung pada 22 Februari yang lalu. Maskapai ini membuka empat rute baru antara lain Bandung-Balikpapan, Bandung-Pekanbaru, Bandung-Palembang, dan Bandung-Medan.

Dari empat rute yang ada, terdapat dua rute yang bersinggungan dengan rute maskapai Indonesia AirAsia yang sudah lebih lama beroperasi di Bandung, yakni Bandung-Pekanbaru dan Bandung-Medan. Khusus untuk rute Bandung-Pekanbaru, sebelum Indonesia Air beroperasi, Indonesia AirAsia merupakan pemain tunggal pada rute ini. Sedangkan pada rute Bandung-Medan diterbangi bersama-sama oleh Indonesia AirAsia dan Lion Air.

Menurut Indonesia Air, pihaknya tidak menganggap Indonesia AirAsia ataupun maskapai lainnya sebagai pesaing. Tetapi Indonesia Air menganggap maskapai-maskapai tersebut sebagai mitra karena suatu saat pasti akan membutuhkan bantuan dari maskapai lain, terutama jika pesawat Indonesia Air mengalami kerusakan dan tidak bisa memberangkatkan penumpang. Saat terjadi kondisi seperti ini, Indonesia Air bisa mengalihkan penumpangnya ke maskapai lain yang memiliki rute sama seperti Indonesia AirAsia dan begitu juga sebaliknya.