2013-03-03

Lion Air Ramaikan Rute Yogyakarta-Makassar

Lion Air 737-800

(3/3/2013) Meskipun pada tahun ini tidak banyak mendatangkan pesawat, maskapai penerbangan Lion Air tetap akan meramaikan pembukaan sejumlah rute-rute baru di Indonesia.

Tahun ini, Lion Air hanya akan menambah enam pesawat Boeing 737-800/900ER ke dalam armadanya. Sedangkan anak perusahaannya yang baru seperti Malindo Air di Malaysia dan Batik Air mendapat porsi pembagian armada yang lebih besar.

Untuk melakukan ekspansi, dalam waktu dekat ini Lion Air akan membuka penerbangan harian dari Yogyakarta menuju Makassar. Rute ini mulai efektif dilayani oleh Lion Air pada 8 Maret mendatang.

Pada rute Yogyakarta-Makassar, Lion Air akan bersaing ketat dengan maskapai lainnya seperti Merpati Nusantara yang telah lama eksis dan Express Air yang memiliki rute sama.

Meskipun sebagai pendatang baru pada rute ini, namun Lion Air memiliki keunggulan dibandingkan dengan dua kompetitornya. Jaringan yang luas di Indonesia Timur dari hub Makassar dan armada baru yang digunakan merupakan keunggulan utama dari Lion Air.

Kebanyakan penumpang dari Yogyakarta ke Makassar akan terkoneksi ke kota tujuan lain seperti Kendari, Palu, Manado, Ambon, Sorong, Biak, Jayapura, dan Merauke. Maskapai penerbangan yang memiliki konektivitas lengkap akan menjadi unggulan pada rute Yogyakarta-Makassar ini.

Rute lain yang rencananya akan dibuka oleh Lion Air adalah Yogyakarta-Pekanbaru. Hanya saja pihak maskapai belum menentukan kapan akan melayaninya. Sementara ini rute Yogyakarta-Pekanbaru telah dilayani oleh Mandala Airlines, yang terbang perdana pada rute ini akhir Februari lalu.

Selain membuka rute-rute baru, pada 8 Maret Lion Air juga akan menambah frekuensi sejumlah rute yang dimilikinya. Surabaya-Banjarmasin, Surabaya-Balikpapan, Yogyakarta-Balikpapan, Yogyakarta-Denpasar, dan Pekanbaru-Medan merupakan beberapa rute yang beruntung mendapatkan tambahan penerbangan dari Lion Air.