2013-03-27

Mandala Airlines Tutup Rute Padang-Singapura

Mandala Airlines Airbus A320

(28/3/2013) Mandala Airlines berencana menutup rute penerbangan Padang-Singapura dan sebaliknya mulai 8 April nanti. Mandala beralasan rendahnya tingkat okupansi penumpang yang menjadi penyebab penutupan rute yang baru dibuka 1 Desember 2012 lalu.

Menurut Direktur Komersial Mandala Airlines Brata Rafly, sebagai maskapai yang sedang tumbuh Mandala harus cermat dan memilih rute yang benar-benar menjanjikan.

Brata Rafly menambahkan, pihaknya telah mencoba berbagai upaya agar rute ini tetap bertahan termasuk melakukan promosi yang intensif, namun tetap saja belum berhasil meningkatkan jumlah penumpang.

Ke depan, jika pasar telah siap Mandala akan kembali mencoba membuka rute tersebut yang dapat ditempuh dengan waktu penerbangan selama 50 menit dari Padang.

Sementara itu, Asosiasi Biro Perjalanan Indonesia (ASITA) Padang menyayangkan rencana penutupan rute Padang-Singapura oleh Mandala Airlines. ASITA menganggap bahwa rute ini masih bisa terus berjalan jika Mandala Airlines mau bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam bentuk subsidi dan promosi.

Selama ini Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Pulau Sumatera. Namun, gagalnya rute Padang-Singapura ini menunjukkan kurangnya promosi wisata Sumatera Barat bagi wisatawan mancanegara.