2013-03-11

Peringati Nyepi, Besok Bandara Ngurah Rai Tutup Selama 24 Jam

Bandara Ngurah Rai Denpasar

(11/3/2013) Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar mulai besok, Selasa (12/3/2013), akan menutup operasionalnya untuk sementara selama 24 jam karena memperingati Hari Raya Nyepi. Kegiatan operasional di bandara akan ditutup pada pukul 06.00 WITA dan buka kembali keesokan harinya.

Selama peringatan Nyepi, tidak diperbolehkan adanya aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai. Meskipun begitu, Air Traffic Controller (ATC) tetap bekerja untuk memandu pesawat-pesawat yang melintas di atas langit Denpasar.

Maskapai-maskapai penerbangan tentu saja telah menutup reservasi tiket dari/ke Denpasar saat prosesi Nyepi tersebut. Bahkan sejumlah maskapai telah mengurangi frekuensi penerbangannya ke Denpasar pada hari ini.

Lion Air misalnya, pada hari biasa mengoperasikan penerbangan Jakarta-Denpasar sebanyak 13 kali sehari. Tetapi, sehari menjelang Nyepi maskapai ini hanya mengoperasikan lima penerbangan saja.

Sementara itu, esok hari Indonesia AirAsia akan menghentikan operasional lima pesawatnya di Denpasar. Pesawat-pesawat tersebut akan terparkir di Bandara Ngurah Rai selama 24 jam saat peringatan Nyepi di Bali tanpa melakukan penerbangan sama sekali.

Penghentian operasional Bandara Ngurah Rai saat Nyepi memang sudah lumrah terjadi setiap tahunnya. Maskapai penerbangan juga sudah memiliki strategi sendiri-sendiri untuk mengantisipasi kondisi tersebut.