2013-04-09

Aksi Jupiter dan Pegasus Meriahkan HUT TNI-AU ke-67

Jupiter Aerobatic Team (JAT)

(10/4/2013) Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Udara ke-67 berlangsung meriah pada Selasa (9/4/2013). Sejumlah alutsista ditampilkan pada perayaan yang digelar di Lanud Halim Perdanakususma Jakarta tersebut. Meskipun pesawat andalan TNI-AU seperti Sukhoi Su-27, Su-30 MK2, dan F16 tidak dapat ditampilkan, namun perayaan tetap meriah dengan adanya hiburan aerobatik dari Jupiter Aerobatic Team (JAT).

JAT yang berasal dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sutjipto melakukan aksi-aksinya menggunakan 7 pesawat KT-1 Wong Bee buatan Korea yang diawaki instruktur penerbang.

Jupiter melakukan manuver-manuver seperti menari di udara dengan aksi seperti Jupiter Roll, LoopXClover Leap, Mirror, Tango to dan Jupiter Roll back, Hi 'G' TurnRoll Slide dan Break Off.

Selama ini JAT memang sudah cukup sering tampil dalam beberapa pameran seperti HUT TNI-AU ke-66 tahun lalu, sejumlah air show di Indonesia, bahkan JAT sudah beberapa kali tampil di luar negeri. Terakhir kali JAT tampil dalam Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition 2013 di Malaysia.

Tim aerobatik lain yang juga meramaikan perayaan HUT TNI-AU kemarin adalah Team Dynamic Pegasus (TDP) dari Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma Kalijati Subang, Jawa Barat. Jika JAT menggunakan pesawat KT-1 Wong Bee, Pegasus beraksi dengan helikopter EC-120 Colibri. Pegasus menampilkan kurang lebih 10 aksi antara lain take Off 180, Pegasus Cross, Pegasus Head On, Water Fall, Pegasus in Love, Spiral Dive, Windwill, Leader Strikes, Kiss The Humingbirds, dan Sparkling.

Selain menampilkan dua tim aerobatik, TNI-AU juga menghiasi langit Jakarta dengan 200 penerjun 'free fall' Paskhas yang berkualifikasi Para Lanjut Tempur (PLT). Para penerjun ini diturunkan dengan tiga pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma.

TNI-AU berharap bahwa tim aerobatik seperti Jupiter dan Pegasus tidak hanya milik TNI saja, tetapi menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia. (Photo: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo Aviation)