2013-04-22

Bandara Juanda Akan Beroperasi 24 Jam

Bandara Juanda

(23/4/2013) PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional Juanda di Surabaya mengatakan akan mengoperasikan bandara ini selama 24 jam penuh dalam sehari mulai bulan November mendatang.

Hal ini dilakukan oleh Angkasa Pura I untuk mengatasi masalah kepadatan slot penerbangan di Bandara Juanda, serta proyeksi trafik penumpang yang masih akan tumbuh 18-20 persen tahun ini.

"Permasalahan di Bandara Juanda adalah kepadatan, slot time penuh, dan kami ke depan kami dari direksi akan mengeluarkan kebijakan untuk membuka terminal bandara beroperasi 24 jam," kata General Manager PT Angkasa Pura I Trikora Harjo seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

Saat ini operasional Bandara Juanda dimulai pukul 05.00 WIB dan berakhir pukul 24.00 WIB. Namun, Angkasa Pura I sedang melakukan pembicaraan dengan Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (PPNPI) dan maskapai penerbangan yang akan melakukan penerbangan pada dini hari antara pukul 00.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB.

Trikora menegaskan, pihaknya tidak ingin membuka operasional selama 24 jam jika tidak ada maskapai penerbangan yang memanfaatkan untuk terbang di waktu-waktu luang tersebut, karena hanya akan menghabiskan energi dan biaya operasional.

Jika rencana ini bisa terwujud, maka jumlah penerbangan di Bandara Juanda bisa meningkat drastis, dari yang semula 360 penerbangan sehari menjadi 500 penerbangan sehari.