2013-04-19

Bandara Swasta di Bintan Akan Beroperasi 2015

Bandara Bintan

(20/4/2013) Sebuah bandara swasta yang rencananya digunakan untuk memfasilitasi wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke Lagoi, Bintan, diperkirakan akan beroperasi pada akhir 2015.

Menurut Manajer Logistik PT Bintan Resort Cakrawala, pihaknya telah mendapat persetujuan dari pemerintah untuk mengembangkan bandara bagi wisatawan asing dari Asia karena saat ini mereka terlalu bergantung pada jadwal penerbangan yang diberikan oleh biro perjalanan wisata yang berbasis di Singapura.

Bandara ini akan dibandung di atas lahan seluas 400 hektar yang terletak di Busung, Lagoi, wilayah Bintan Utara, Kabupaten Bintan.

Konstruksi telah dimulai sejak pertengahan tahun lalu untuk pembangunan landasan pacu berukuran panjang 2.500 meter dan lebar 45 meter. Ketika sudah beroperasi, bandara ini bisa mengakomodasi pesawat sekelas Boeing 737 dan Airbus A320.

Saat beroperasi nanti, wisatawan asing dari China, India, Jepang, dan Korea bisa terbang langsung ke Bintan tanpa transit lagi di Singapura. Selain itu, bandara ini juga akan mengakomodasi penerbangan bagi wisatawan domestik dari lima kota seperti Denpasar, Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar. (Photo: RRI)