2013-04-10

Dapatkan AOC 19 April, Batik Air Terbang Perdana 3 Mei 2013

Batik Air 787

(10/4/2013) Anak perusahaan Lion Air yang masuk dalam segmen full service, Batik Air, dikabarkan akan terbang perdana dalam waktu dekat.

Lion Air mengatakan kepada Flightglobal bahwa Batik Air baru akan mendapatkan Air Operator Certificate (AOC) pada 19 April. Selanjutnya, Batik Air kemungkinan baru akan melakukan penerbangan perdana secara komersial pada 3 Mei 2013.

Kabar ini tentu saja sedikit berbeda dengan kabar-kabar sebelumnya yang menyebutkan bahwa Batik Air akan melakukan penerbangan perdana pada 26 April (Baca: 26 April Batik Air Ramaikan Langit Indonesia).

Rencananya, Batik Air akan beroperasi dengan pesawat Boeing 737-900ER yang dikonfigurasi dalam 12 kursi kelas bisnis dan 160 kursi kelas ekonomi.

Pada tahap awal, rencananya Batik Air akan beroperasi dengan dua pesawat untuk melayani rute Jakarta-Manado, Jakarta-Balikpapan, dan Jakarta-Yogyakarta (Baca: Beroperasi April 2013, Ini Rute-Rute Batik Air). Tapi jumlah ini akan bertambah menjadi enam pesawat hingga akhir tahun.

Batik Air akan fokus pada rute domestik terlebih dahulu pada awal beroperasi. Nantinya maskapai milik Lion Air yang digadang-gadang sebagai pesaing Garuda Indonesia ini juga akan merambah pada rute internasional.