2013-04-16

Demi Lihat Pesawat, Warga Lubangi Pagar Bandara Lombok

Bandara Internasional Lombok (Lombok Praya)

(16/4/2013) Bandara Internasional Lombok kembali mendapatkan sorotan. Sebelumnya bandara yang belum lama beroperasi ini mendapatkan banyak komplain karena banyaknya pengunjung bandara yang tidak berkepentingan. Bahkan warga sekitar banyak yang berjualan di bandara, memberikan kesan kumuh pada salah satu bandara internasional di Indonesia ini.

Kini, PT Angkasa Pura I (AP I) mengeluh lantaran pagar bandara sengaja dilubangi oleh warga agar bisa melihat pesawat dari dekat. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap keamanan bandara.

Menurut Direktur Personalia dan Umum AP I Yushan Sayuti, petugas pengamanan bandara atau aviation security selalu melakukan pengecekan dan pihak AP I selalu memperbaiki jika ada pagar yang bolong. Namun kejadian ini terus berulang dari waktu ke waktu.

Bandara Internasional Lombok merupakan bandara baru. Kemungkingkan masyarakat sekitar kagum dan ingin melihat pesawat dari jarak dekat, sehingga sering kali malah melakukan tindakan-tindakan yang memperburuk citra bandara internasional ini.

Berdasarkan data yang dihimpun Antaranews.com, pada tahun 2012 penumpang penerbangan internasional ini mencapai 54.138 orang, sementara pada triwulan I 2013 21.780 orang. Penumpang domestik 1.568.900 orang lebih pada 2012 dan 438.676 orang pada triwulan I 2013. (Photo: Bandara.net)