2013-04-30

Karyawan Catering ACS Mogok Kerja, Garuda dan Sejumlah Maskapai Asing Terkena Imbas

Garuda Indonesia Boeing 737-800

(30/4/2013) Mogoknya ratusan karyawan PT Aerofood Catering Service (ACS) pada hari ini berimbas kepada maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan hampir seluruh maskapai asing yang terbang ke Jakarta. Rata-rata sejumlah maskapai asing yang terbang ke Jakarta menggunakan jasa Aerofood ACS untuk menyuplai makanan di pesawat.

Meskipun demikian, akibat tidak adanya catering makanan ini tidak mengganggu operasional penerbangan. Pihak Aerofood ACS menerangkan bahwa adanya aksi mogok kerja ini telah diinfokan kepada pelanggannya, sehingga maskapai asing yang terbang ke Jakarta telah membawa makanan dalam jumlah ganda dari kota keberangkatan awal.

Maskapai lokal yang terkena imbas atas mogoknya karyawan Aerofood ACS adalah Garuda Indonesia. Sejumlah penerbangan pertama Garuda Indonesia mengalami keterlambatan antara 20-30 menit. Tapi maskapai plat merah ini telah memberikan kompensasi sehingga efeknya sudah mulai berkurang.

PT Aerofood Catering Service (ACS) merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia yang menyuplai makanan untuk berbagai maskapai domestik dan internasional yang beroperasi di Jakarta. Setiap hari perusahaan ini mampu menyediakan hingga 35.000 porsi makanan bagi sejumlah maskapai pelanggannya.