2013-04-28

Merpati Datangkan Enam Pesawat Baru Hingga Akhir Tahun

Merpati Nusantara 737-400 PK-MDR

(29/4/2013) PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) seperti tidak perduli dengan ancaman pemerintah yang akan melikuidasi perusahaan jika tidak dapat menyelesaikan utangnya. Malah maskapai ini akan melebarkan ekspansinya dengan mendatangkan enam pesawat jet baru mulai Juni nanti.

Enam pesawat tersebut akan didatangkan Merpati secara bertahap hingga akhir tahun. Ini dilakukan perusahaan untuk memenuhi permintaan penumpang yang meningkat pada masa "High Season" di pertengahan tahun dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Menurut rencana perusahaan, pesawat-pesawat ini akan difokuskan untuk memperkuat rute-rute di wilayah timur dengan basis di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Direktur Niaga Merpati Nusantara Airlines Sutan Banuara mengatakan bahwa satu pesawat jet bisa terbang sekitar enam kali frekuensi, sehingga dengan tambahan enam pesawat, Merpati akan mendapatkan tambahan 36 hingga 40 frekuensi penerbangan.

Selain itu, satu pesawat jet bisa menambah 400-500 penumpang per hari atau sekitar 12.000-15.000 penumpang per bulan.

Dalam keterangannya, Sutan Banuara memang tidak menyebut tipe pesawat yang akan didatangkan Merpati. Namun, belakangan ini gencar terdengar kabar bahwa perusahaan akan mendatangkan pesawat jenis Airbus A320. Pesawat ini didatangkan dengan cara sewa dari perusahaan leasing pesawat di China.