2013-04-09

PT Ilthabi Rekatama Berniat Bangun MRO di Batam

Ilham Habibie

(10/4/2013) PT Ilthabi Rekatama yang dipimpin oleh Ilham Akbar Habibie (anak mantan Presiden BJ. Habibie) berniat mengembangkan industri penerbangan di Batam. Hal yang sudah masuk dalam rencana bisnis perusahaan adalah membangun hanggar untuk maintenance, repair, and overhaul (MRO) atau sebagai pusat perawatan dan perbaikan pesawat di Bandara Hang Nadim.

Menurut Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan, PT Ilthabi Rekatama telah mempresentasikan dan menyampaikan minatnya untuk membangun industri MRO. Tetapi, Ilthabi Rekatama juga tidak menutup kemungkinan untuk membangun industri pembuatan pesawat di Batam.

Saat ini Ilham Habibie bersama dengan perusahaannya sedang mengembangkan pesawat Regio Prop 80 yang diharapkan bisa bersaing dengan pabrikan besar seperti ATR. Menurut Ilham, dirinya mempunyai mimpi untuk menghidupkan kembali industri penerbangan di Indonesia seperti yang telah dilakukan ayahnya, BJ. Habibie, pada masa lalu. Apalagi sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia tidak kalah hebat dibandingkan dari luar.

Sementara itu, Bandara Hang Nadim telah menyiapkan lahan seluas 150 hektar untuk pembangunan MRO dan industri penerbangan. Saat ini baru Lion yang memanfaatkan lahan tersebut untuk membangun MRO seluas 4 hektar dan akan bertambah menjadi 16 hektar di tahun 2016. (Photo: Vivanews)