2013-05-01

Garuda Indonesia Terbang ke Penang Dua Kali Sehari Mulai 1 Juni 2013

Garuda Indonesia Bombardier CRJ1000 NextGen

(2/5/2013) Maskapai penerbangan Garuda Indonesia berencana membuka penerbangan internasional dari Medan pada 1 Juni nanti, dengan Penang yang terletak di Malaysia sebagai destinasi internasional pertama. Tidak tanggung-tanggung, Garuda akan melayani rute Medan-Penang langsung dua kali sehari.

Penerbangan yang berdurasi sekitar 50 menit ini akan dilayani dengan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen yang ditempatkan perusahaan di hub barunya di Medan. Pada pertengahan bulan lalu Garuda mulai membuka hub baru di Medan dengan meluncurkan beberapa rute dari Medan ke sejumlah destinasi seperti Padang, Batam, dan Palembang.

Selain Penang, rute internasional lain dari Medan yang telah ada dalam bidikan Garuda antara lain Bangkok, Kuala Lumpur, dan Singapura. Bangkok dan Kuala Lumpur kemungkinan akan dilayani dengan CRJ1000, sedangkan untuk penerbangan ke Singapura direncanakan menggunakan pesawat Boeing 737-800.

Menurut rencana, Garuda akan menempatkan setidaknya tiga pesawat CRJ1000 di Medan. Pesawat ini digunakan untuk melayani rute-rute domeestik jarak dekat di Sumatera serta beberapa rute internasional. Jumlah pesawat CRJ1000 yang ditempatkan di Medan ini tidak mengingkat dan bisa ditambah jika memang masih banyak rute-rute baru lainnya yang berpotensi. (Photo: Arif Fauzi/PhotoV2.com for Indo Aviation)