2013-05-05

Mandala Airlines Bidik Rute Pekanbaru-Surabaya

Mandala Airlines Airbus A320

(6/5/2013) Sukses menerbangi rute Pekanbaru-Yogyakarta dengan tingkat isian penumpang (load factor) yang memuaskan membuat maskapai penerbangan Mandala Airlines ingin menghubungkan Pekanbaru dengan kota besar lainnya.

Sumber Indo Aviation mengatakan bahwa tim dari Mandala Airlines bersama dengan Tiger Airways sedang mengkaji mengenai potensi pembukaan rute baru yang menghubungkan antara Pekanbaru di Riau dengan Surabaya di Jawa Timur. Jika tidak ada kendala, rute ini akan berjalan dalam waktu yang tidak lama lagi.

Padatnya slot di Bandara Soekarno-Hatta memang memaksa maskapai penerbangan kecil seperti Mandala Airlines untuk memutar otak dengan membuka penerbangan langsung antar kota di Indonesia tanpa melalui Jakarta. Praktik seperti ini telah sukses diterapkan pada rute Pekanbaru-Yogyakarta dan Mandala sangat tertarik untuk mencoba pada rute-rute lainnya.

Saat ini belum ada maskapai penerbangan manapun yang memiliki rute Pekanbaru-Surabaya. Pada rute ini Mandala membidik para pebisnis yang bepergian antara kedua kota, serta para pekerja tambang dan perkebunan dari Jawa Timur yang bekerja di Riau.

Mandala memang sangat berambisi untuk terus berekspansi meramaikan bisnis penerbangan di Indonesia. Tapi, kendala keterbatasan slot di sejumlah bandara, terutama bandara-bandara besar, memaksa Mandala untuk sedikit menahan ambisinya tersebut.

Baru-baru ini perusahaan mengumumkan pembukaan rute baru Jakarta-Yogyakarta yang akan dimulai pada 16 Mei mendatang (Baca: Mandala Perkenalkan Rute Jakarta-Yogyakarta).