2013-05-07

Merpati Buka Banyak Rute Perintis di Maluku

Merpati Nusantara

(8/5/2013) Maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines mulai Sabtu (4/5/2013) lalu membuka cukup banyak rute penerbangan perintis di Maluku. Upaya Merpati ini tentu saja bisa memenuhi harapan masyarakat Maluku sehingga bisa terhubung dari satu daerah ke daerah lainnya.

Menggunakan pesawat Casa 212, Merpati melayani rute dari Ambon menuju Kisar dengan frekuensi sebanyak satu penerbangan setiap minggu. Selain itu, Merpati juga menerbangi rute Kisar-Saumlaki dan Langgur-Larat dengan frekuensi yang sama. Sementara rute dari Ambon menuju Namlea diterbangi sebanyak dua kali seminggu.

Tidak hanya itu, Merpati juga melayani sejumlah rute lainnya seperti Ambon-Bandaneira tiga kali seminggu, Bandaneira-Amahai satu kali seminggu, dan Ambon-Namrole satu kali seminggu. Menurut Merpati, jika ada permintaan yang lebih banyak pihaknya bisa saja menambah frekuensi penerbangan. Tapi, itu juga tergantung dari izin yang diberikan oleh pihak berwenang.

Vice President Corporate Secretary Merpati Herry Saptanto mengatakan, selama tahun 2013 Merpati telah mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menambah penerbangan perintis di sejumlah lokasi. Beberapa lokasi ini di antaranya tiga lokasi di Papua, dua lokasi di Maluku (Langgur dan Bandaneira), dan dua lokasi di Sulawesi (Mamuju dan Toli-Toli).

Untuk mengoperasikan penerbangan perintis ini Merpati mengandalkan tujuh pesawat yang terdiri dari jenis Twin Otter dan Casa 212.