
Photo: Dino Irsan
Terhitung mulai 19 Desember 2012, maskapai penerbangan Express Air kembali melayani rute Jakarta-Sorong via Makassar setiap hari. Penerbangan ini diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta pukul 05.45 WIB dan dioperasikan dengan pesawat Boeing 737-200.
Ada hal yang tampak berbeda dari warna pesawat yang digunakan oleh Express Air untuk melayani rute Jakarta-Sorong ini. Jika biasanya Express Air identik dengan warna putih-biru, kali ini perusahaan yang sudah dimiliki oleh PT Aero Nusantara Indonesia (ANI) tersebut merubah livery pesawatnya dengan warna putih berkelir coklat dengan tulisan "Express Air" berwarna emas. Warna ini memberi kesan elegan pada pesawat Express Air.
Hal ini dilakukan Express Air dalam rangka rebranding dan memberikan semangat baru bagi perusahaan. Semenjak diakuisisi oleh PT ANI, Express Air yang lebih banyak fokus pada rute di Indonesia Timur ini memberikan layanan penuh (full service) kepada penumpangnya. Selain tersedia dalam kelas ekonomi, Express juga mempunyai layanan kelas bisnis dengan makanan dan minuman yang disediakan secara gratis selama penerbangan untuk kedua kelas.
Dalam rangka transformasi ini, Express Air juga memindahkan kantornya dari Boutique Office di Kemayoran ke gedung pusat PT ANI di Chase Plaza, Jenderal Sudirman, Jakarta. Di kantor baru ini Express Air membuka kantor penjualan tiket yang berada di lantai dasar untuk lebih memudahkan para pelanggan mendapatkan tiket Express Air.
Untuk tambahan, PT ANI sebagai pemilik Express Air merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang maintenance, repair, dan overhaul (MRO) pesawat. PT ANI memiliki kemampuan melakukan perawatan skala ringan maupun perawatan skala berat pada pesawat Boeing 737-200/300/400/500 dan MD-80. Selain itu, PT ANI juga sebagai lessor pesawat yang memiliki beberapa unit Boeing 737-200/300/500. Saat ini, Kartika Airlines, Sriwijaya Air, dan Express Air merupakan pelanggan PT ANI baik dalam hal penyewaan pesawat maupun perawatan pesawat mereka.