2012-12-30

Pesawat MA60 Merpati Tergelincir di Lombok

Merpati Nusantara MA60

(31/12/2012) Pesawat berjenis MA60 dengan registrasi PK-MZI milik maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines tergelincir di Bandara Internasional Lombok (Lombok Praya), Nusa Tenggara Barat, sesaat setelah melakukan pendaratan sekitar pukul 11.55 WITA.

Berdasarkan informasi, pesawat dengan nomor penerbangan MZ-6061 dari Bima melakukan pendaratan dengan baik, saat pesawat hendak memutar dari "runway" menuju "taxiway", ban depan pesawat terperosok ke bahu jalan hingga berhenti di landasan tanah berumput.

Diduga pesawat tergelincir karena sistem hidrolik roda belakang pesawat mengalami kerusakan, sehingga pilot kesulitan mengarahkan pesawat pada jalur yang benar.

"Ban kiri keluar lintasan saat hendak berbelok menuju taxiway. Hasil pemeriksaan, karena sistem hidrolik pada roda kiri di belakang tidak berfungsi," kata Desmi Indrayana, Humas Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok .

Pesawat Merpati yang dipiloti oleh Ahmad Ansori dan Copilot Erwin Y tersebut mengangkut 48 penumpang. Tidak ada korban meninggal maupun luka-luka dalam peristiwa ini

Sehari sebelumnya, Minggu (30/12/2012), pesawat Lion Air juga tergelincir di Bandara Supadio Pontianak saat berputar di ujung landasan, sehingga ban belakang terperosok. Dua insiden ini akan menjadi penutup catatan buruk dunia penerbangan Indonesia di akhir tahun 2012.