2013-01-03

Kini Mandala Terkoneksi dengan Tiger Airways

Mandala Airlines A320

(3/1/2013) Mandala Airlines yang belum genap satu tahun beroperasi sedang gencar dalam melakukan ekspansi. Pada 4 Januari nanti Mandala akan membuka tiga rute baru dari Surabaya meliputi Surabaya-Jakarta, Surabaya-Singapore, dan Surabaya-Kuala Lumpur. Pada 14 Februari, Mandala juga siap melayani tiga rute baru dari Pekanbaru menuju Jakarta, Medan, dan Singapore.

Selain membuka rute-rute baru, perusahaan juga telah melakukan kerjasama codeshare dengan Tiger Airways sehingga jaringan rute Mandala meningkat secara drastis. Para penumpang Mandala bisa terkoneksi ke puluhan destinasi Tiger di Asia Tenggara, China, India, dan Australia dari hub Tiger di Singapore.

Saat ini Mandala telah menghubungkan Padang, Medan, dan Denpasar dengan Singapore. Nantinya Mandala juga akan menghubungkan Surabaya dan Pekanbaru dengan Singapore. Para penumpang dari berbagai kota di Indonesia ini bisa langsung membeli tiket menuju kota-kota seperti Perth, Taipei, Guangzhou, Hong Kong, Chennai, Manila, Hanoi, dan lain-lain yang bersama-sama dioperasikan oleh Mandala dan Tiger.

Bukan tidak mungkin ke depannya penerbangan Mandala akan terkoneksi dengan penerbangan Scoot, sebuah maskapai yang juga masih satu induk dengan Tiger Airways. Jika hal ini terealisasi, penumpang Mandala dari Indonesia bisa terhubung dengan rute-rute Scoot seperti ke Gold Coast, Sydney, dan Tianjin.

Saat ini 33 persen saham Mandala dimiliki oleh Tiger Airways. Sedangkan Tiger Airways dan Scoot merupakan maskapai penerbangan murah milik Singapore Airlines. Tiger difokuskan untuk melayani rute-rute dengan durasi maksimal lima jam dari Singapore menggunakan pesawat Airbus A320. Sementara Scoot fokus pada rute-rute jarak menengah menggunakan pesawat widebody Boeing 777-200.