2013-02-22

Akhirnya A320 Indonesia Air Terbang Perdana

Indonesia Air A320

(22/2/2013) Hari ini maskapai penerbangan Indonesia Air akhirnya melakukan penerbangan perdana pesawat Airbus A320 secara komersial setelah sempat tertunda berkali-kali sejak rencana awal pada November 2012.

Penerbangan perdana A320 dimulai dengan acara seremonial di Bandara Husein Sastranegara yang dihadiri jajaran petinggi Indonesia Air, Angkasa Pura II, agen perjalanan, wartawan, dan para penumpang. Acara kemudian dilanjutkan dengan penerbangan perdana rute Bandung-Palembang pukul 10.30.

Pada hari yang sama, pesawat ini juga melayani penerbangan dari Bandung tujuan Pekanbaru, Medan, dan sebaliknya. Sementara rute Bandung-Balikpapan ditiadakan pada hari ini karena waktunya digunakan untuk acara seremonial.

Indonesia Air yang sebelumnya lebih banyak melayani penerbangan charter oleh perusahaan tambang, sengaja menggunakan Bandara Husein Sastranegara di Bandung sebagai hub untuk A320 karena sulitnya mendapat slot di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Selain itu, potensi bisnis dan pariwisata di Bandung juga berkembang sangat baik.

Saat ini Indonesia Air baru mengoperasikan satu Airbus A320. Namun, jika sesuai dengan rencana awal, maskapai ini akan mengoperasikan lima A320 untuk menghubungkan Bandung ke sejumlah kota-kota besar di Indonesia. Jumlah ini tentu saja tidak mengikat. Jika pasar terus berkembang, perusahaan akan kembali melakukan ekspansi armada.