2013-02-18

Aset Batavia Air Akan Disita Oleh Bank

Batavia Air Airbus A321

(19/2/2013) Tim kurator yang menangai utang maskapai penerbangan Batavia Air yang telah dipailitkan menemukan utang maskapai tersebut senilai Rp 1,27 triliun. Utang terbesar merupakan utang kepada tiga bank yaitu Bank Muamalat sebesar Rp 429 miliar, Bank Capital sebesar Rp 15 miliar, dan Bank Harda Indonesia sebesar Rp 11 miliar. Itu belum termasuk utang-utang kepada lessor, pajak, supplier, dan pemegang tiket.

Saat ini kurator masih melakukan perhitungan secara rinci mengenai total aset Batavia Air yang diperkirakan mencapai Rp 800 miliar. Aset ini meliputi delapan pesawat Boeing 737 serta 300 unit mobil operasional berjenis Isuzu Panther dan Toyota Avanza.

Delapan pesawat dan sejumlah gedung milik perusahaan telah dijaminkan kepada pihak bank, yang sebagian besar kepada Bank Muamalat dan Bank Harda Indonesia. Bank-bank ini berhak melelang aset, namun harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan tim kurator. Jika nilai lelang melebihi utang, bank harus mengembalikan sisanya kepada tim kurator.