2013-02-18

Garuda Indonesia Perluas Jaringan dengan Menambah Enam Destinasi Internasional

Garuda Indonesia 737-800

(19/2/2013) Tahun ini maskapai penerbangan Garuda Indonesia kembali memperluas jaringan rute internasional dengan menambah enam destinasi baru melalui kerjasama codeshare dengan maskapai penerbangan asal Abu Dhabi, Etihad Airways. Enam kota tujuan baru dalam peta rute Garuda Indonesia tersebut antara lain Frankfurt, Brussels, Milan, Dusseldorf, Munich, dan Bahrain.

Sebelumnya, Garuda Indonesia juga telah menjual tiket melalui perjanjian codeshare dengan Etihad untuk tujuh kota tujuan meliputi Abu Dhabi, London, Paris, Manchester, Moskow, Athena, dan Muscat. Sehingga saat ini Garuda Indonesia mempunyai 13 destinasi internasional yang dioperasikan bersama dengan Etihad melalui hub Abu Dhabi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar menyambut baik perluasan jaringan penerbangan antara Garuda Indonesia dengan Etihad Airways melalui kerjasama codeshare tersebut yang mencakup destinasi-destinasi di Indonesia, Eropa, Timur Tengah, dan Australia.

Sebagai bagian dari peningkatan layanan kepada pelanggan, Garuda Indonesia juga akan menambah frekuensi penerbangan pada rute Jakarta-Abu Dhabi-Amsterdam dan sebaliknya dari yang semula empat penerbangan seminggu menjadi enam penerbangan seminggu mulai 21 Juni 2013 mendatang.

Di kesempatan yang sama, Garuda Indonesia juga mengumumkan akan kembali melayani rute Jakarta-Perth (direct) mulai juni 2013. Rute Jakarta-Perth juga akan masuk dalam penerbangan codeshare antara Garuda Indonesia dengan Etihad.

Menurut Emirsyah Satar, jadwal penerbangan pada rute Jakarta-Perth akan disesuaikan dengan jadwal penerbangan dari dan menuju Abu Dhabi untuk memudahkan akses para penumpang Garuda Indonesia dan Etihad dari Timur Tengah, Eropa, dan sekitarnya menuju Australia bagian barat maupun sebaliknya.

CEO Etihad Airways James Hogan mengatakan bahwa kerjasama antara Garuda Indonesia dan Etihad terus berkembang dan memberikan keuntungan yang signifikan bagi para pengguna jasa kedua maskapai, melalui peningkatan jaringan penerbangan dan konektivitas antar kota serta fleksibilitas jadwal penerbangan.

James Hogan juga mengungkapkan, kerjasama strategis tersebut telah memberikan akses bagi Etihad Airways menuju enam juta wisatawan potensial di Indonesia sekaligus memperat kerjasama komersial di antara Indonesia dan negara-negara Timur Tengah di sektor minyak dan gas bumi maupun industri pertambangan di kedua wilayah.

Kerjasama codeshare antara Garuda Indonesia dan Etihad Airways berlaku efektif mulai tanggal 28 Oktober 2012 lalu. Melalui kerjasama ini, penumpang Garuda Indonesia dari berbagai kota di Indonesia akan terhubung dengan lebih dari 80 destinasi Etihad Airways di 50 kota di dunia. Garuda Indonesia akan menjadi "marketing party" dan dapat menjual tiket penerbangan ke lebih dari 27 kota destinasi menarik Etihad Airways di Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah, dan Afrika.

Melalui kerjasama ini, para penumpang Etihad Airways juga akan terhubung dengan jaringan penerbangan Garuda Indonesia di Indonesia, Asia, Australia dan Jepang. Etihad Airways juga bertindak sebagai "marketing party" dan dapat menjual tiket Garuda Indonesia untuk rute–rute seperti Jakarta-Kuala Lumpur, Jakarta–Abu Dhabi, dan ke kota-kota besar di Indonesia dari Jakarta tujuan Surabaya, Denpasar, Manado, Makassar dan Balikpapan.