2013-02-27

Ekspansi ke Terminal 1C, Lion Air Kuasai Bandara Soekarno-Hatta

Lion Air

(28/2/2013) Menteri BUMN Dahlan Iskan berencana memindahkan sebagian aktivitas penerbangan maskapai Lion Air dari terminal 1A ke terminal 1C di Bandara Soekarno-Hatta. Ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan yang terjadi di terminal 1A. Pemindahan ini semakin menegaskan dominasi Lion Air dalam bisnis penerbangan di Indonesia.

Saat ini, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta sedang menyiapkan proses perpindahan sebagian operasional Lion Air ke terminal 1C setelah maskapai penerbangan Batavia Air berhenti beroperasi pada akhir Januari lalu.

PT Angkasa Pura II menargetkan, Lion Air telah menempati dan melakukan aktivitas operasionalnya di terminal 1C pada bulan Maret.

Penambahan terminal untuk Lion Air ini cukup menggambarkan dominasi Lion Air di Indonesia, khususnya pada penerbangan domestik. Tambahan terminal ini juga sejalan dengan rencana Lion Air mendatangkan ratusan pesawat untuk melakukan ekspansi.

Dengan beroperasinya Lion Air di terminal 1C, nantinya maskapai milik Rusdi Kirana ini akan menguasai Bandara Soekarno-Hatta dengan menempati lima terminal sekaligus. Terminal yang ditempati Lion antara lain terminal 1A, 1B, 1C, 2E, dan terminal 3.

Di terminal 1A Lion Air telah beroperasi berdampingan dengan anak perusahaannya, Wings Air. Terminal 1B ditempati oleh Lion khusus untuk penerbangan ke Sumatera bersama dengan maskapai lain seperti Express Air dan Sriwijaya Air. Sementara di terminal 1C yang sebelumnya menjadi markas Batavia, akan ditempati Lion Air dengan berbagi tempat bersama Citilink dan Airfast Indonesia. Batik Air yang merupakan perusahaan baru milik Lion juga akan menempati terminal ini.

Terminal 2 yang sebagian besar digunakan untuk penerbangan internasional diisi cukup merata oleh maskapai penerbangan lokal dan asing. Di terminal 2D ada Air China, All Nippon Airways (ANA), Cathay Pacific, Cebu Pacific, China Airlines, China Southern Airlines, Emirates, Eva Air, Japan Airlines, Jetstar, Kuwait Airlines, Malaysia Airlines, Philippine Airlines, Qantas, Qatar Airways, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways, Tiger Airways, Turkish Airlines, Valuair, dan Yemenia.

Sementara di terminal 2E digunakan untuk penerbangan internasional oleh maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Etihad, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, Royal Brunei, dan termasuk untuk penerbangan internasional Lion Air.

Terminal 2F merupakan satu-satunya terminal domestik yang bersih dari jangkauan Lion Air. Terminal ini didedikasikan untuk penerbangan domestik dua maskapai penerbangan plat merah, Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara.

Sedangkan di terminal 3, Lion Air menggunakannya untuk penerbangan tujuan Denpasar, berbagi tempat dengan AirAsia (domestik dan internasional) dan Mandala Airlines.