2013-02-27

Warna Orange Khas PT Pos Indonesia Akan Hiasi Pesawat Merpati

Merpati 737-200 PK-MBC

(28/2/2013) PT Merpati Nusantara bersama dengan PT Pos Indonesia telah menjalin kerjasama dalam hal pengangkutan logistik yang disebut MerpatiPOS.

Dalam kerjasama ini, Merpati rencananya akan mendatangkan 20 pesawat kecil tipe Cessna 208B Grand Caravan dan CASA untuk mengangkut logistik PT Pos Indonesia, yang akan datang mulai April 2013.

Pesawat-pesawat ini akan digunakan untuk melayani berbagai titik seperti Medan, Batam, Palembang, dan Pontianak.

Merpati memilih pesawat Cessna dan CASA karena bisa digunakan untuk mengangkut 1 ton logistik dan juga bisa untuk mengangkut penumpang dalam jumlah terbatas, sekitar 12 penumpang. Hal yang paling penting adalah pesawat jenis ini bisa menjangkau tempat-tempat terpencil di kawasan nusantara.

Untuk menandai kerjasama ini, Merpati akan memberi corak warna orange khas PT Pos Indonesia pada pesawat yang membawa kargo udara milik PT Pos Indonesia. Sebagai permulaan, akan ada satu pesawat Cessna yang diwarnai orange untuk branding PT Pos Indonesia di bulan April. Jumlah ini akan bertambah menjadi 10 pesawat hingga akhir tahun.

Direktur Utama Merpati Nusantaran Rudy Setyopurnomo mengatakan, jika permintaan angkutan logistik PT Pos Indonesia terus meningkat, Merpati akan menyewa Boeing 737 versi kargo untuk mengangkut logistik tersebut. Rudy memperkirakan pesawat ini bisa disewa dan dioperasikan pada Desember 2013.