2013-02-10

Indonesia AirAsia Akan Hubungkan Makassar dengan Jeddah Untuk Layani Penumpang Umroh

Indonesia AirAsia Airbus A320 PK-AZA

(11/2/2013) Maskapai penerbangan berbiaya murah, Indonesia AirAsia, berencana melayani penumpang yang ingin melakukan ibadah haji atau umroh dengan cara menghubungkan Makassar dengan Jeddah melalui Kuala Lumpur.

Nantinya penumpang dari Makassar akan terkoneksi dengan penerbangan AirAsia X menuju Jeddah di melalui Low Cost Carrier Terminal (LCCT) di Kuala Lumpur. AirAsia X sendiri akan memulai layanan Kuala Lumpur-Jeddah pada 16 Februari 2013.

Rencana ini diungkapkan oleh Chief Operating Officer Indonesia AirAsia Ridzki Kramadibrata saat acara AirAsia Travel Fair 2013.

Menurut Ridzki Kramadibrata, rute ini memiliki peluang yang cukup bagus karena ada permintaan yang sangat besar dari masyarakat yang ingin melakukan ibadah haji dan umroh.

Rute ini sangat mungkin dibuka karena Indonesia AirAsia akan kedatangan sembilan pesawat baru Airbus A320 pada tahun ini. Tambahan kapasitas ini memungkinkan Indonesia AirAsia untuk membuka sejumlah rute baru.

Saat ini Indonesia AirAsia telah menghubungkan Makassar sebagai ibukota Sulawesi Selatan dengan Jakarta dan Balikpapan. Sementara itu rute tujuan Surabaya, Denpasar, Manado, Kota Kinabalu, dan Kuala Lumpur akan mulai dilayani oleh perusahaan pada 1 Maret 2013.

Ridzki juga mengatakan bahwa Indonesia AirAsia telah siap mengambil alih rute peninggalan Batavia Air yang dinyatakan pailit pada akhir Januari lalu. Namun pengambil-alihan rute ini tergantung dari persetujuan Kementerian Perhubungan.