2013-02-13

Ini Syarat Ambil Alih Rute Batavia Air

Batavia Air 737-400

(14/2/2013) Pemerintah memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi maskapai penerbangan yang ingin mengambil alih rute-rute penerbangan peninggalan Batavia Air yang telah dipailitkan. Menurut Kementerian Perhubungan, syaratnya cukup mudah dan hanya satu, yakni harus membantu menerbangkan penumpang eks penumpang Batavia Air.

Saat ini baru ada tiga maskapai yang mau membantu menerbangkan penumpang eks Batavia Air yaitu Mandala Airlines, Express Air, dan Citilink. Kementerian Perhubungan menargetkan ada 80 persen penumpang eks Batavia Air yang telah terangkut dengan tiga maskapai ini pada April 2013.

Jumlah penumpang eks Batavia Air yang terlantar setelah maskapai tersebut dipailitkan ada sekitar 150.000 penumpang. Ini merupakan data dengan pemesanan tiket sampai dengan Desember 2012.

Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo mengatakan untuk bisa mengakuisisi rute-rute peninggalan Batavia Air, maskapai cukup mengajukan permohonan kepada Kementerian Perhubungan. Namun sebelumnya, maskapai harus membantu menerbangkan penumpang eks Batavia secara gratis.

Sebelum dipailitkan Batavia Air memiliki 42 rute domestik dan enam rute internasional. Mandala Airlines telah mengambil alih tiga rute domestik dan satu rute internasional. Sedangkan Express Air mengajukan empat rute domestik. Sementara itu, Citilink paling mendominasi dengan mengambil alih 14 rute yang sebagian besar telah dilayani oleh anak perusahaan Garuda Indonesia ini.