2013-02-28

Izin Merpati Terancam Dibekukan Oleh Kemenhub

Merpati MA60

(1/3/2013) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengancam akan membekukan operasional maskapai penerbangan milik pemerintah, Merpati Nusantara Airlines. Pembekuan izin bisa dilakukan oleh Kementerian Perhubungan jika Merpati tidak segera memberi kepastian mengenai pejabat yang akan duduk sebagai Direktur Operasional.

Sebelumnya, Direktur Operasional Merpati, Asep Eka Nugraha, menyatakan mundur dari jabatannya terhitung sejak 13 Februari yang lalu.

Menurut Juru Bicara Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan, posisi Direktur Operasional itu posisi kunci dan sangat penting karena menyangkut masalah keselamatan di perusahaan penerbangan.

Bambang menyatakan, posisi jabatan tersebut itu sepenuhnya urusan internal perusahaan. Kementerian Perhubungan hanya ingin memastikan adanya pejabat Direktur Operasional karena sosok itu merupakan penanggungjawab operasional penerbangan, termasuk masalah keselamatan.

Menurut Bambang, sosok pengganti dari Asep Eka Nugraha harus lulus proses fit and proper test. Saat ini, Direktur Operasional Merpati dijabat oleh Antony Ajawaila, yang merupakan pejabat pengganti dan bersifat sementara.

Kementerian Perhubungan memang belum ada indikasi untuk mencabut izin maskapai penerbangan plat merah tersebut. Tetapi, jika maskapai ini mengabaikan keselamatan dalam jangka waktu tertentu, Kementerian Perhubungan bisa membekukan izin Merpati.