2013-02-22

Load Factor Rute Citilink Solo-Balikpapan Hampir Mencapai Target

Citilink A320

(23/2/2013) Sejak dibuka pada 23 Januari 2013, rute Citilink Solo-Balikpapan terus mengalami peningkatan. Saat ini, tingkat isian penumpang (load factor) pada rute ini antara 60-75 persen dengan jumlah penumpang rata-rata 110-130 orang. Meskipun belum mencapai target perusahaan dengan load factor sebesar 80 persen, namun angka ini merupakan yang cukup bagus. Apalagi Citilink merupakan perintis rute Solo-Balikpapan direct.

Citilink cukup gencar dalam mempromosikan rute ini. Terlihat dari jumlah agen penjualan tiket Citilink yang sudah mencapai 90 travel agent. Selain itu, tim marketing juga mengintensifkan berbagai sarana promosi seperti flyer dan banner dengan area hingga ke wilayah Jawa Timur seperti Ngawi, Magetan, dan Ponorogo.

Target yang dibidik Citilink pada rute Solo-Balikpapan adalah para pekerja tambang dan perkebunan. Namun tidak sedikit juga penumpang keluarga, pebisnis, dan karyawan perusahaan yang diterbangkan oleh Citilink.

Saat ini Citilink melayani rute ini sebanyak satu penerbangan sehari dengan pesawat Boeing 737-300 berkapasitas 148 kursi. Melihat permintaan yang terus meningkat, Citilink sudah berancang-ancang untuk meningkatkan frekuensi penerbangan menjadi dua kali sehari. Namun realisasi penambahan frekuensi ini masih belum diketahui waktunya karena sedang dikaji manajemen.