2013-02-22

Sriwijaya Air Perkirakan Nam Air Dapatkan AOC Akhir 2013

Sriwijaya Air 737-500

(23/2/2013) Sriwijaya Air memperkirakan Air Operator Certificate (AOC) untuk anak perusahaannya, Nam Air, baru akan keluar pada akhir tahun 2013. Nam Air yang sebelumnya digadang-gadang sebagai maskapai penerbangan full service yang bermain di market premium, akan menjadi feeder bagi pesawat jet Sriwijaya Air.

Batalnya pembelian pesawat Embraer E-190 yang sebelumnya direncanakan untuk Nam Air membuat Sriwijaya mencari alternatif lain. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa Sriwijaya tertarik untuk membeli pesawat turboprop. Nam Air akan mengoperasikan pesawat ini pada rute-rute jarak dekat dan rute-rute perintis, serta menjadi feeder pesawat jet Sriwijaya di bandara-bandara utama.

Perubahan strategi yang dilakukan oleh Sriwijaya Air ini tentu saja sedikit merubah peta persaingan industri penerbangan di Indonesia. Jika sebelumnya Nam Air yang akan bermain di market premium dihadapkan pada Garuda Indonesia dan Batik Air yang belum beroperasi, maka pengoperasian turboprop untuk Nam Air membuatnya harus bersaing dengan Wings Air yang sudah mapan dan Citilink yang juga akan mengoperasikan armada turboprop mulai tahun ini.