2013-02-15

Mandala Airlines Berencana Buka Rute ke Perth dan Hong Kong

Mandala Airlines Airbus A320

(16/2/2013) Target Mandala Airline untuk meraih 2 juta penumpang pada tahun ini sepertinya tidak akan menjadi isapan jempol belaka. Pasalnya, hingga akhir tahun 2013 perusahaan menargetkan bisa mengoperasikan hingga 15 pesawat Airbus A320.

Datangnya armada-armada baru tentu saja akan dibarengi pembukaan sejumlah rute baru. Akhir Februari ini Mandala akan kedatangan satu pesawat A320 tambahan. Menurut kabar, Mandala akan menggunakan pesawat ini untuk melayani tiga rute baru antara lain Jakarta-Lombok, Lombok-Surabaya, dan Surabaya-Bangkok.

Selain itu, Direktur Komersial Mandala Airlines Brata Rafly menjelaskan bahwa pihaknya akan membuka rute dari Jakarta ke Perth dan Hong Kong dalam waktu tiga bulan mendatang. Pembukaan sejumlah rute baru ini dilakukan Mandala sebagai bagian untuk meraih target perseroan.

Rute Jakarta-Perth memang cukup potensial bagi Mandala. Saat ini hanya Jetstar yang melayani rute tersebut secara nonstop. Sedangkan Garuda Indonesia baru akan kembali melayani rute Jakarta-Perth secara nonstop pada akhir Juni 2013.

Sementara itu, untuk rute Jakarta-Hong Kong memang sudah banyak maskapai yang melayaninya. Namun Mandala tetap optimis bisa sukses pada rute ini karena akan menjadi satu-satunya low-cost carrier yang melayani Jakarta-Hong Kong secara nonstop. Kebanyakan maskapai yang melayani rute ini merupakan maskapai full service seperti Garuda Indonesia, Cathay Pacific, dan China Airlines.