2013-02-16

Merpati Akan Terus Mengepakkan Sayapnya

Merpati MA60

(16/2/2013) Direktur Utama Merpati Nusantara Airlines Rudy Setyopurnomo menegaskan bahwa maskapai penerbangan yang dipimpinnya akan terus terbang dan tidak akan ditutup oleh pemerintah.

Menurutnya, hal itu terjadi karena pemerintah melalui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, terus mendukung program-program yang dilakukan untuk membawa Merpati lebih baik.

Manajemen Merpati diharapkan dapat terus mengembangkan bisnisnya lewat kerja sama dengan para investor potensial, yang ingin mengembangkan Merpati demi patriotisme bangsa, sebagai pengganti penyertaan modal negara (PMN).

Merpati telah melakukan kerjasama dengan investor luar negeri untuk mendatangkan armada Airbus A320 dengan sistem kerjasama operasi (KSO). Rencananya, investor dari China ini akan menyediakan pesawat, dan Merpati yang akan mengoperasikannya untuk melayani rute-rute penerbangan domestik.

Untuk mewujudkan pengoperasian Airbus A320, Merpati telah bekerjasama dengan pihak luar yaitu STAA Singapore untuk mendidik dan melatih calon pilot pesawat Airbus A320 serta meningkatkan kemampuan Merpati Maintenance Facility (MMF) agar bisa merawat pesawat jenis tersebut.

Selain itu, Merpati juga telah melakukan perjanjian kerjasama dengan PT Pos Indonesia dalam pengadaan pesawat untuk keperluan logistik dan angkutan penumpang.

Semua upaya yang dilakukan ini adalah sebagai komitmen untuk mengembalikan kejayaan Merpati yang telah didirikan sejak 50 tahun lalu.

Rudy menambahkan, saat ini Merpati dalam posisi bangkit dari keterpurukan. Para direksi, manajemen, karyawan dan para crew Merpati sudah menunjukkan prestasinya dengan pencapaian load factor 85% pada masa low season.