2013-02-26

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Segera Diperluas, Habiskan Rp 4,7 Triliun

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

(26/2/2013) Proyek perluasan terminal 3 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, akan segera dimulai pada bulan Maret 2013, menyusul kepastian ditetapkannya konsorsium yang membangun proyek senilai Rp 4,7 Triliun ini.

Pengelola Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) telah menetapkan Konsorsium KAWAHAPEJAYA Indonesia yang terdiri dari, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Hyundai Engineering Co. LTD., PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk., PT Jaya Teknik Indonesia, dan PT Indulexco sebagai pemenang pekerjaan Perluasan Gedung Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta.

Penetapan pemenang tender ini berdasarkan evaluasi adminstrasi, teknis, harga, kualifikasi, dan verifikasi yang telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Konsorsium KAWAHAPEJAYA Indonesia dengan WIKA sebagai lead consortium ditunjuk oleh PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pemenang pada 20 Februari 2013.

Sekretaris Perusahaan WIKA, Natal Argawan mengatakan bahwa hal itu sesuai dengan surat penunjukan pemenang Nomor: PEN.14.10.03/00/02/2013/013. Dalam konsorsium ini, perseroan memiliki porsi sebesar 37% dari total nilai proyek atau sekitar Rp 1,7 triliun.

Berdasarkan rencana, proyek pengembangan terminal 3 akan berlangsung selama 850 hari, dihitung sejak tanggal yang ditetapkan dalam perjanjian penandatanganan kontrak. Lingkup pekerjaan konsorsium meliputi: Detail Engineering Design (DED) dan Pelaksanaan Konstruksi (Design-Build) pada mainbuilding terminal, jalan dan lahan parkir. (detik.com)