2013-03-26

5 April, Citilink Ekspansi Bangka Belitung

Citilink 737-300

(26/3/2013) Pada bulan April mendatang maskapai penerbangan Citilink terlihat sangat gencar membuka rute penerbangan baru. Hal ini terkait juga dalam pengisian penerbangan yang ditinggalkan oleh Batavia Air.

Salah satu yang menjadi target pembukaan rute baru Citilink bulan depan adalah dua kota yang terdapat di Kepulauan Bangka Belitung, yakni Pangkal Pinang dan Tanjungpandan.

Citilink akan melayani rute Jakarta-Pangkal Pinang dan Jakarta-Tanjungpandan sebanyak tujuh kali seminggu. Dua rute baru ini akan efektif dilayani oleh anak perusahaan Garuda Indonesia pada 5 April 2013. Bahkan rute Jakarta-Tanjungpandan akan ditingkatkan menjadi 14 kali seminggu. Namun Citilink belum menentukan kapan akan menambah frekuensi ini.

Sejak Batavia Air dinyatakan pailit dan menutup seluruh rutenya, termasuk Jakarta-Pangkal Pinang dan Jakarta-Tanjungpandan, para penumpang mengeluh karena mahalnya tiket pada kedua rute tersebut.

Masuknya Citilink diharapkan akan memberikan lebih banyak pilihan bagi para penumpang, sehingga harga tiket menjadi lebih kompetitif.

Citilink menawarkan harga mulai Rp 385.000 sekali jalan untuk rute Jakarta-Pangkal Pinang dan Rp 540.000 pada rute Jakarta-Tanjungpandan.

Saat ini sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute ke Pangkal Pinang, sedangkan pada rute Jakarta-Tanjungpandan Citilink akan bersaing langsung dengan Sriwijaya Air.