2013-03-10

Benarkah AirAsia Group Akan Dirikan Maskapai Penerbangan Long-Haul di Indonesia?

AirAsia X

(11/3/2013) PT Indonesia AirAsia bersama dengan induknya, AirAsia Berhad, dikabarkan akan segera mendirikan maskapai penerbangan baru khusus untuk melayani penerbangan jarak jauh di Indonesia. Konsep maskapai ini akan sama seperti AirAsia X di Malaysia.

Sejumlah kabar mengatakan bahwa perusahaan baru ini sudah memasuki tahap pengurusan Air Operator Certificate (AOC). Tetapi baik pihak AirAsia Group maupun Kementerian Perhubungan belum mengkonfirmasi kebenaran kabar ini.

Selain itu, beberapa pihak juga menyebutkan maskapai baru bentukan Indonesia AirAsia dan AirAsia Berhad ini sudah mulai melakukan perekrutan crew, baik untuk pilot maupun awak kabin.

Jika terealiasasi, kemungkinan maskapai baru ini akan memiliki nama Indonesia AirAsia X dengan mengoperasikan pesawat widebody Airbus A330-300. Bahkan AirAsia juga mempertimbangkan Airbus A350 XWB untuk dioperasikan oleh Indonesia AirAsia X.

Indonesia AirAsia X nantinya akan berbasis di Denpasar dan melayani sejumlah rute penerbangan menuju kota-kota di Jepang, Korea, dan Australia.