2013-03-16

Garuda Sewa Boeing 777 Khusus Untuk Umroh?

Garuda Indonesia 747-400

(16/3/2013) Maskapai penerbangan Garuda Indonesia dikabarkan akan mendatangkan pesawat Boeing 777-300 yang rencananya digunakan khusus untuk penerbangan umroh pada tahun ini. Hal ini dilakukan perusahaan karena permintaan dari Kementerian Agama untuk menambah kapasitas pada penerbangan umroh.

Saat ini permintaan penerbangan ke tanah suci mengalami peningkatan yang luar biasa. Setiap tahun terjadi penambahan jumlah penumpang yang berniat melakukan perjalanan umroh sangat banyak, sehingga cukup menyulitkan maskapai penerbangan dalam menyiapkan pesawat.

Menurut Direktur Penerbangan Haji Garuda Indonesia Hadi Syahrean seperti yang dikutip dari Hidayatullah.com mengatakan, perusahaan telah siap mengoperasikan satu pesawat Boeing 777-300 yang memiliki kapasitas 442 penumpang untuk penerbangan umroh dari Jakarta ke Jeddah.

Saat ini Garuda Indonesia telah melayani penerbangan Jakarta-Jeddah sebanyak 13 kali seminggu dengan pesawat Boeing 747-400 berkapasitas 425 penumpang. Pengoperasian pesawat dengan kapasitas yang lebih besar ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah umroh.

Tidak diketahui secara pasti apakah pesawat ini didatangkan dengan cara sewa atau beli. Namun, kemungkinan pesawat didatangkan dengan sistem sewa. Selain untuk keperluan umroh, Garuda bisa memanfaatkan pesawat Boeing 777-300 ini untuk familiarisasi awak pesawat dan awak kabin, sebelum pesanan pesawat baru Boeing 777-300ER Garuda Indonesia tiba pada bulan Juni nanti.