2013-03-06

Indonesia AirAsia Ajukan Izin Rute dari Medan dan Surabaya ke Singapura

Indonesia AirAsia A320

(6/3/2013) PT Indonesia AirAsia dikabarkan telah mengajukan izin untuk melayani rute penerbangan Medan-Singapura sejak awal tahun ini. Namun pihak maskapai belum bisa memastikan kapan akan resmi melayani rute ini karena sedang menunggu kepastian slot time dari pihak Bandara Changi Singapura.

Selain Medan-Singapura, Indonesia AirAsia juga sedang mengajukan izin untuk membuka rute Surabaya-Singapura. Hal ini sangat memungkinkan mengingat diperbaruinya perjanjian bilateral antara Indonesia dan Singapura untuk meningkatkan kapasitas penerbangan pada empat rute, yakni Jakarta-Singapura, Surabaya-Singapura, Medan-Singapura, dan Denpasar-Singapura sebesar 50 persen dari batasan kapasitas saat ini.

Sebelumnya Indonesia AirAsia telah mengajukan aplikasi untuk melayani rute Medan-Singapura dan Surabaya-Singapura pada tahun 2012. Perusahaan juga telah mendapatkan hak lalu lintas yang diperlukan dari pemerintah Indonesia. Namun pemerintah Singapura menahan aplikasi dari Indonesia AirAsia. Hal ini dilakukan untuk memaksa Indonesia menegosiasikan ulang perjanjian bilateral, dalam rangka meningkatkan kapasitas pada empat rute dari Indonesia ke Singapura.

Pada waktu yang sama, Mandala Airlines mendapat persetujuan dari pemerintah Singapura untuk menerbangi Medan-Singapura, kemudian diikuti dengan pembukaan rute Surabaya-Singapura. Hal ini membuat Indonesia AirAsia cukup frustasi karena kedua maskapai sama-sama mendapatkan izin dari pemerintah Indonesia, namun hanya Mandala yang mendapat izin dari pemerintah Singapura. Sementara aplikasi Indonesia AirAsia masih tertahan dan belum mendapat persetujuan dari pihak Singapura.

Dengan perjanjian bilateral yang baru, Indonesia AirAsia mengajukan ulang aplikasi untuk rute Medan-Singapura dan Surabaya Singapura, yang kemungkinan akan diluncurkan pada akhir tahun 2013.

Indonesia AirAsia saat ini melayani rute dari Surabaya ke Johor Bahru. Rute ini dibuka pada Oktober 2012 karena Indonesia AirAsia frustasi dalam mendapatkan izin rute Surabaya-Singapura. Johor Bahru terletak di Malaysia bagian selatan, tepat di seberang Singapura. Antara bandara dan Singapura dihubungkan dengan bus yang dipromosikan oleh AirAsia. Indonesia AirAsia juga telah mempersiapkan peluncuran rute baru antara Medan dan Johor Bahru.

Akan tetapi Johor Bahru merupakan pasar yang berbeda, lebih menarik minat para pekerja migran terutama TKI yang tinggal di selatan Malaysia dan bukan ke Singapura. Sumber AirAsia mengatakan, jumlah penumpang dari Surabaya ke Johor Bahru yang terkoneksi dengan bus dari Bandara Sendai Johor menuju Singapura rata-rata hanya 15 sampai 20 penumpang. Akibatnya, Indonesia AirAsia akan terus mempertahankan rute Surabaya-Johor Bahru, bahkan berpotensi meluncurkan Medan-Johor Bahru saat Medan-Singapura dan Surabaya-Singapura dibuka.