2013-03-06

5 Maskapai Bersaing di Rute Pekanbaru-Medan

maskapai di indonesia

(7/3/2013) Rute penerbangan Pekanbaru-Medan semakin hari menunjukkan tren yang positif dan semakin diminati oleh maskapai penerbangan. Saat ini setidaknya ada lima maskapai yang bersaing untuk memperebutkan pasar pasa rute Pekanbaru-Medan. Lima maskapai ini antara lain Sriwijaya Air, Lion Air, Indonesia AirAsia, Sky Aviation, dan Mandala Airlines.

Maskapai Lion Air telah melayani Pekanbaru-Medan dengan sehari sekali dengan pesawat Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi. Lion Air mengaku tidak memberikan pelayanan lebih kepada penumpangnya. Lion setiap hari berangkat dari Pekanbaru pukul 18.25 WIB dan berangkat dari Medan pukul 16.00 WIB.

Sky Aviation secara resmi membuka layanan harian Pekanbaru-Medan sejak 11 Februari 2013. Sky Aviation beroperasi dengan pesawat Boeing 737-300 berkapasitas 130 kursi. Menurut pihak maskapai, dibanding kompetitornya Sky Aviation menawarkan pelayanan yang lebih baik dengan pelayanan full service di kelas bisnis dan medium service di kelas ekonomi. Selain itu, pesawat Sky Aviation memiliki jarak tempat duduk yang lapang dan nyaman.

Sky Aviation sangat optimis akan menjadi pilihan penumpang dari segi waktu karena memberikan jadwal keberangkatan yang baik untuk para penumpang pebisnis tujuan Pekanbaru. Maskapai ini berangkat dari Bandara Polonia Medan pukul 06.50 dan dari Bandara Sultan Syarif Kasim II pada sore harinya.

Sementara itu, Direktur Komersial Mandala Airlines juga menyatakan optimis dan siap bersaing mendapatkan penumpang di tengah banyaknya maskapai yang melayani rute Pekanbaru-Medan. Mandala baru membuka rute ini pada 14 Februari yang lalu, tiga hari setelah Sky Aviation membuka layanan yang sama.

Mandala Airlines melayani penerbangan Pekanbaru-Medan setiap hari dengan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi. Mandala mengklaim telah menjalin hubungan baik dengan biro perjalanan dan memiliki promotor untuk menjaga tingkat keterisian penumpang pada penerbangan ini.

Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia yang sudah sejak beberapa waktu yang lalu melayani rute Pekanbaru-Medan sebanyak tiga kali seminggu menyatakan akan menambah penerbangannya menjadi setiap hari mulai 1 April mendatang. Sama seperti Mandala, Indonesia AirAsia beroperasi dengan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi pada rute ini.

Maskapai lain yang juga ikut meramaikan pasar rute Pekanbaru-Medan adalah Sriwijaya Air yang menggunakan Boeing 737-300 atau 737-500 dengan menawarkan layanan medium service.

Semakin banyaknya maskapai penerbangan yang melayani Pekanbaru-Medan tentu menjadi hal yang positif bagi kedua kota, terutama penumpang yang memiliki banyak pilihan dan harga yang kompetitif.