2013-03-17

Lion Air Pesan Airbus A320 dalam Jumlah Besar

Lion Air 737-900ER

(18/3/2013) Reuters mengabarkan bahwa pabrikan pesawat asal Eropa, Airbus, telah mendapatkan pesanan dalam jumlah besar dari maskapai penerbangan Indonesia, Lion Air. Pesanan ini bernilai sekitar US$ 20 miliar sesuai dengan daftar harga pesawat saat ini.

Pesanan Lion Air dalam jumlah besar kepada Airbus ini tentu saja menjadi pukulan telak bagi Boeing, karena selama ini Lion merupakan salah satu pelanggan terbesar bagi Boeing.

Sebuah sumber yang meminta tidak disebutkan namanya mengatakan, kesepakatan antara Lion Air dan Airbus akan diumumkan pada hari Senin dengan disaksikan oleh Presiden Perancis Franciois Hollande.

Sebelumnya, Lion Air telah memesan 201 Boeing 737 MAX pada tahun 2011. Kesepakatan tersebut dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Eropa menuding kesepakatan ini akibat tekanan politik dari Amerika, tapi Washington dan Boeing menyangggahnya.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa pesawat Airbus A320 family yang dipesan oleh Lion Air berpotensi melebihi jumlah pesawat yang dipesan kepada Boeing di akhir 2011 tersebut.

Pihak Airbus dan Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana sama-sama enggan berkomentar tentang kabar ini.