2013-03-14

Mandala Airlines Akan Rekrut Pilot, Pramugari, dan Karyawan eks Batavia Air

Mandala Airlines A320

(14/3/2013) Maskapai penerbangan Mandala Airlines mengajak para pilot, pramugari, dan seluruh karyawan eks Batavia Air untuk bergabung bersama dengan Mandala. Tentu saja Mandala memiliki kriteria tersendiri dalam merekrut karyawan untuk perusahaan.

Menurut Direktur Komersial Mandala Airlines, Brata Rafli, pihaknya telah merekrut beberapa pilot, pramugari, dan juga karyawan eks Batavia Air. Namun jumlah ini akan bertambah sesuai dengan pertumbuhan perusahaan.

Untuk pilot, Mandala akan merekrut pilot-pilot Batavia yang masih menganggur. Hal itu memungkinkan karena Batavia sebelumnya juga mengoperasikan pesawat Airbus A320, jenis pesawat yang sama dengan yang dioperasikan Mandala.

Sementara untuk pramugari, Mandala membutuhkan sekitar 200 orang dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Perekrutan awak kabin ini harus sesuai dengan rasio kebutuhan perusahaan agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan awak kabin.

Rencana Mandala dalam merekrut para karyawan eks Batavia ini berangkat dari pengalaman Mandala yang juga pernah terpuruk pada tahun 2011. Saat itu Mandala sempat berhenti beroperasi selama lebih dari satu tahun karena kesulitan finansial. Namun, Mandala berhasil bangkit dan terbang kembali pada April 2012.

Mandala mengklaim saat ini memiliki dukungan modal yang sangat kuat, sehingga bisa membantu eks karyawan Batavia Air. Perusahaan ini menyatakan akan terus maju dalam industri penerbangan nasional, meskipun persaingan semakin ketat.