2013-03-02

Mandala Terbangkan Penumpang Batavia Air Rute Jakarta-Pontianak Secara Gratis

Mandala A320

(3/3/2013) PT Mandala Airlines telah menyiapkan pesawat untuk menerbangkan penumpang eks Batavia Air secara gratis pada rute Jakarta-Pontianak.

Mandala Airlines memang sudah menerbangkan eks penumpang Batavia Air pada sejumlah rute seperti Jakarta-Pekanbaru, Jakarta-Padang, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Singapura sejak awal Februari lalu.

Pengangkutan penumpang ini merupakan permintaan dari pemerintah melalui Direktorat Jendral Perhubungan Udara untuk membantu penumpang Batavia Air yang terkena dampak pailitnya Batavia Air.

Selain itu, ini merupakan upaya Mandala Airlines dalam mengamankan slot penerbangan pada rute-rute tersebut. Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan mengizinkan maskapai lain mengambil alih rute-rute peninggalan Batavia Air, dengan syarat maskapai harus menerbangkan penumpang eks Batavia secara gratis.

Untuk rute Jakarta-Pontianak dan sebaliknya, para penumpang yang memiliki tiket Batavia Air sesuai rute tersebut dapat mengirim permintaaan booking ulang mereka kepada Mandala dalam periode waktu 1-30 Maret 2013, melalui surat elektronik ke transfer.pontianak@mandalaair.com.

Para penumpang hanya disyaratkan untuk melampirkan tiket asli yang disertai dengan salinan identitas, bisa berupa KTP atau paspor yang masih berlaku, dan pilihan tanggal penerbangan yang mereka inginkan selama periode penerbangan 15-30 Maret 2013.

Para penumpang juga akan mendapatkan bagasi secara cuma-cuma seberat 15 kilogram. Kelebihan bagasi akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Mandala akan mengoperasikan penerbangan ini dengan pesawat Airbus A320 yang dimilikinya. Karena landasan Bandara Supadio Pontianak belum mampu didarati A320 dengan muatan penuh, maka kemungkinan Mandala akan membatasi jumlah penumpang setiap penerbangan sebanyak 130 penumpang dari kapasitas pesawat 180 penumpang.

Hingga kini Mandala belum memutuskan kapan akan melayani Jakarta-Pontianak secara reguler. Perusahaan sedang menunggu overlay landasan pacu Bandara Supadio terselesaikan agar bisa membawa penumpang secara penuh ke Pontianak.

Selain mengincar rute Jakarta-Pontianak, Mandala dikabarkan juga berminat melayani rute Pontianak-Singapura bekas peninggalan Batavia Air.