2013-03-18

Pengiriman Cargo Terganggu Karena Cuaca buruk


Buruknya cuaca sering sekali menjadi hal utama penundaan pengiriman kargo ke beberapa daerah di tanah air. Musim hujan yang mulai memasuki musim hujan sejak Bulan Oktober membuat beberapa keadaan tak mendukung yang telah menunda pengiriman kargo. Hujan dapat mengganggu keadaan di Bandara, untuk pengiriman kargo via udara. Dapat mengganggu pasang surut air bagi pengiriman kargo melalui laut.

            Banyak hal yang dilakukan dalam kondisi cuaca buruk namun tetap dalam kondisi masih diperbolehkan pengiriman. Seperti pesawat yang masih dapat take-off tapi perlu diperhatikan kondisi cuaca buruk membutuhkan perlakuan khusus agar saat lepas landas maupun pendaratan aman. Tentu ini terkait dengan penundaan kargo yang telah disepakati.

            Perlu diperhatikan bahwa jasa kargo memberitahukan pada clien mereka saat cuaca buruk terjadi. Koordinasi antara jasa kargo dan jasa transportasi sangatlah penting. Karena informasi dari jasa transportasi yang menunda pengiriman barang pun sangatlah penting. Karena jasa transportasi juga mempertimbangkan keselamatan dan jaminan barang yang dikirimkannya.

            Dikutip dari http://kumpulankar'yasiswa.wordpress.com/2011/10/14/.pengurangan-beban-kargo-pesawat-pada-saat-cuaca-buruk-benarkah/ jika kargo akan dikurangi bebannya atas cuaca buruk yang terjadi dapat mempermudah saat landing atau take off suatu pesawat. Tetapi menurut Pak Agus Setiawan, SE, dosen Basic Cargo di STMT Trisakti yang juga Direktur PT. Wahana Multi Indonesia, adanya kebijakan ini tidak mutlak diperlukan. Lain halnya jika penerbangan terpaksa dilakukan pada saat cuaca sangat buruk karena kondisi ini dapat mempengaruhi keselamatan semua orang di dalam penerbangan tersebut, airlines wajib untuk mengurangi beban kargonya. Keselamatan adalah hal yang paling utama. Dari penjelasan diatas benar jika cuaca sangat mempengaruhi apakah kargo dapat dikirim atau tidak pada hari itu.
          
  Itu hanya dari sisi pesawat. Berbeda jika kargo dikirim melalui laut ataupun darat. Untuk laut tentu akan sangat sulit jika gelombang laut tinggi. Karena kapal laut sangat bergantung pada cuaca. Saat gelombang laut tinggi, dan kapal memaksa untuk berlayar, besar kemungkinan kapal akan terbalik dan karam. Kargo malah tak sampai ditempat tujuan. Jika kargo dikirim lewat darat tentu masalah jarak pandang pengemudi menjadi halangan. Belum lagi dengan kendaraan yang layak antar dalam keadaan hujan.

            Sehingga cuaca buruk masih belum benar-benar dapat diatasi dengan baik untuk pengiriman kargo. Apalagi kargo pengiriman antar pulau. Seperti pulau Jawa ke Kalimantan. Untuk itulah perlunya kesiapan dan perhatian lebih atas pengirimiman kargo karena masalah cuaca ini.