2013-03-09

Terminal 2 Bandara Juanda Langsung Overload Saat Mulai Dioperasikan Tahun Ini

Bandara Juanda Surabaya

(10/3/2013) Pembangunan terminal 2 Bandara Juanda Surabaya yang saat ini masih berlangsung dipastikan akan langsung mengalami overload atau melebihi kapasitas tampung penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara di bandara ini.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Jawa Tim Wahid Wahyudi mengatakan, pembangunan terminal 2 Bandara Juanda saat ini dalam tahap penyelesaian. Diharapkan akhir tahun 2013 ini telah selesai dan bandara dapat dioperasionalkan.

Saat dioperasikan nanti, terminal 2 rencananya akan digunakan untuk penerbangan internasional dan penerbangan domestik maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Meski memiliki kapasitas yang sama dengan terminal yang ada saat ini yaitu sebesar 6,5 juta penumpang, namun saat dioperasikan terminal 2 tidak akan mampu menampung jumlah penumpang karena penumpang yang sangat banyak.

Pada tahun 2012 Bandara Juanda menampung 14 juta penumpang, padahal kapasitas terminal yang ada saat ini adalah 6,5 juta penumpang. Dengan tambahan terminal 2 berkapasitas 6,5 juta penumpang, secara total Bandara Juanda bisa menampung 13 juta penumpang, sehingga masih terjadi overload 1 juta penumpang.

PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Juanda harus berpikir keras untuk menyelesaikan masalah ini. Sebab, jumlah pengguna transportasi udara dari waktu ke waktu semakin ramai. Begitu juga penumpang yang melalui Bandara Juanda semakin meningkat.