2013-04-01

Akhirnya Mandala Buka Rute Jakarta-Singapura

Mandala Airlines Airbus A320 PK-RMT

(2/4/2013) Mandala Airlines akhirnya akan memulai layanan harian dari Jakarta ke Singapura mulai 8 April mendatang. Selama ini rute Jakarta-Singapura cukup dinantikan oleh pelanggan Mandala, karena dari sejumlah kota yang dilayani maskapai ini, hanya Jakarta saja yang belum dihubungkan dengan Singapura.

Namun, pembukaan rute Jakarta-Singapura ini juga diikuti dengan penutupan rute Padang-Singapura pada tanggal yang sama. Rute Padang-Singapura ditutup karena tingkat okupansi penumpang yang cukup rendah sehingga sulit untuk dipertahankan.

Penerbangan Jakarta-Singapura dilayani dengan nomor penerbangan RI-1681, diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 07.00 WIB dan tiba di Bandara Changi pukul 09.40 waktu setempat. Sementara penerbangan kembali dilayani dengan nomor penerbangan RI-801, dijadwalkan berangkat dari Singapura pukul 22.15 waktu setempat dan tiba di Jakarta pukul 22.55 WIB.

Untuk sementara waktu Mandala hanya akan melayani rute Jakarta-Singapura sebanyak satu penerbangan sehari dengan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi. Tapi, Mandala sudah punya rencana besar untuk melayani rute ini sebanyak empat kali. Sedangkan Tiger Airways sebagai partner Mandala akan menambah frekuensi rute Jakarta-Singapura menjadi empat kali sehari dari jadwal saat ini yang hanya dua kali sehari, sehingga gabungan dua maskapai ini akan memiliki frekuensi delapan kali sehari pada rute Jakarta-Singapura.

Rute Jakarta-Singapura memang sangat potensial. Berbagai maskapai penerbangan baik dari Indonesia maupun Singapura berebut mendapatkan pangsa pasar pada rute ini. Saat ini Jakarta-Singapura telah dilayani oleh Garuda Indonesia, Lion Air, Indonesia AirAsia, Sriwijaya Air, Mandala Airlines, Tiger Airways, Jetstar, dan Singapore Airlines. Beberapa maskapai di luar Indonesia dan Singapura seperti Philippine Airlines juga melayani rute ini dengan memanfaatkan perjanjian fifth freedom right.