2013-04-09

Bandara Polonia Akan Dikembalikan ke TNI-AU

Bandara Polonia Medan

(9/4/2013) PT Angkasa Pura II akan memindahkan operasional penerbangan di Medan dari Bandara Polonia ke Bandara Kuala Namu setelah bandara baru ini selesai dibangun. Selanjutnya, operasional Bandara Polonia akan dikembalikan kepada TNI Angkatan Udara.

Bandara Polonia sebelumnya adalah milik TNI Angkatan Udara yang kemudian digunakan untuk penerbangan komersial. Saat ini Bandara Polonia dianggap sudah tidak layak lagi karena kelebihan kapasitas baik untuk penumpang maupun kargo. Sementara pembangunan di bandara ini sudah sulit dilakukan karena padatnya pemukiman di sekitar bandara.

Menurut data yang dihimpun dari PT Angkasa Pura II, daya tampung terminal di Bandara Polonia hanya 900.000 penumpang per tahun. Tapi, kini bandara tersebut memiliki jumlah penumpang 7,7 juta per tahun.

Sementara itu, total penerbangan di Bandara Polonia rata-rata sebanyak 570 penerbangan per hari. Maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia yang akan menjadikan Medan sebagai base untuk pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen, sudah mulai kesulitan untuk menampatkan pesawatnya di Medan saat pesawat tersebut tiba. Untuk itu, pemindahan dari Bandara Polonia ke Bandara Kuala Namu mutlak segera dilakukan. (Photo: Indo Aviation)